Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pakpak Bharat
Berita

BPBD PAKPAK BHARAT LAKUKAN PENANGANAN LONGSOR DI DESA BULUH TELANG DAN PEMBERSIHAN MATERIAL LONGSOR SEPANJANG JALAN LINTAS KECAMATAN TINADA

Jumat, 15 Februari 2019

Pada hari Jumat, 15 Februari 2019 pukul 09.00 wib , Tim BPBD Pakpak Bharat yang dikoordinir oleh Kepala Bidang Penanganan Darurat dan Logistik Lowis F. Saragih, S.Sos, MIP dan didampingi oleh Kasubbid Logistik Supriadi Berasa, ST melakukan penanganan longsor di Desa Buluh Telang Kecamatan Tinada. Longsor yang terjadi diakibatkan tingginya curah hujan pada Kamis 14 Februari 2019. Laporan telah terjadinya longsor diterima dari hasil monitooring  Kasubbid Pencegahan BPBD Endang W. Berutu, ST. 

Dengan laporan tersebut, Tim dari BPBD turun kelokasi dengan mengerahkan alat berat serta peralatan penanganan longsor lainnya. Menurut laporan Kasubbid Pencegahan kepada Kepala Bidang PDL, Longsor yang terjadi ada beberapa titik disepanjang jalan lintas Kecamatan Tinada namun ada 1 (satu) titik yang parah sehingga menutup sebagian badan jalan yang mengganggu lalu lintas. Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, penanganan segera dilakukan. Dengan informasi tersebut, Kasubbid Logistik mempersiapkan kelengkapan untuk penanganan.  Pukul 10.00 wib Tim BPBD bergerak kelokasi  dan dilakukan penanganan serta pembersihan badan jalan yang tertimbun tanah longsor tersebut.

Dengan kerjasama tim, pada pukul 17.00 wib seluruh titik longsor telah selesai ditangani dan pengguna jalan agar berhati – hati saat melintas karena situasi cuaca masih mendung dan berpotensi terjadi hujan.

Setelah selesainya penanganan, Kepala Bidang PDL melaporkan informasi telah selesainya penanganan kepada Kepala BPBD Kabupaten Pakpak Bharat Jibun Padang, S.Pd, MM. Berhubung karena Kepala BPBD sedang dalam melaksanakan tugas Dinas luar Daerah. Kepala BPBD menghimbau agar personil BPBD senantiasa tetap waspada dan siap siaga dikarenakan cuaca pada saat ini tidak bersahabat. Tutur Kepala BPBD melalui Telepon selularnya.  

 

Salam Tangguh...