Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pakpak Bharat
Berita

PENANGANAN LONGSOR DI KECAMATAN TINADA DAN KECAMATAN SIEMPAT RUBE KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Rabu, 7 November 2018

Akibat curah hujan yang tinggi dan berkepanjangan, Senin 5 nopember 2018 terjadi longsor  di Desa Prongil  Kecamatan Tinada. Laporan kejadian longsor disampaikan oleh Kepala Desa Prongil Liyas Sinamo kepada Kepala BPBD Kabupaten Pakpak Bharat Jibun Padang, S.Pd, MM pada pukul 05.00 wib. Kepala Desa menyampaikan bahwa jalan antara Dusun dan jalan menuju Objek wisata Simbelulu yang terletak di Kecamatan Tinada mengalami longsor sehingga menutupi jalan lintas tersebut. 

Kepala BPBD menerima laporan longsor tersebut langsung memerintahkan Kepala Bidang PDL Lowis F. Saragih, S.Sos, MIP untuk mengerahkan personil BPBD dengan alat yang diperlukan untuk penanganan longsor tersebut. Pada pukul 08.00 sampai pukul 12.00 Tim dan alat berat BPBD melakukan penanganan sehingga jalan tersebut kembali normal dan dapat dilintasi sebagaimana biasanya.

Dengan curah hujan yang terus meningkat, Selasa, 6 nopember 2018 longsor kembali terjadi di Kecamatan Siempat rube. Longsor tersebut terjadi  pukul 17.00 wib di Sikulaping Desa Traju yang mengakibatkan jalan lintas antara Kota Salak menuju Kota Sidikalang Kab. Dairi mengalami kemacetan.

Kepala BPBD yang menerima laporan terjadinya longsor dari Masyarakat dan fihak Kecamatan langsung menugaskan bidang kedaruratan untuk melakukan penanganan. Penanganan dilaksanakan  pada pukul 17.30 dengan melakukan sistem buka tutup untuk menghindari antrian panjang kendaraan yang melintas dan selesai  pada pukul 19.30 wib.  Setelah BPBD melakukan penanganan, Damkar Satpol PP melakukan penyiraman jalan tersebut untuk menghindari  terjadinya kecelakaan akibat jalan yang licin.

Kepala BPBD melalui Kepala Bidang PDL Lowis F. Saragih menyampaikan terima kasih atas kerjasama antara Tim BPBD, fihak Kecamatan dan Masyarakat  Desa Traju sehingga longsor tersebut cepat ditangani dan tidak menunggu lama dalam penyelesaian timbunan longsor tersebut. Kedepan  lanjut Lowis Saragih, BPBD tetap mengharapkan informasi dari seluruh Masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat untuk segera menginformasikan apabila terjadi bencana di Wilayah kita.

Salam Tangguh...